SK Lierse: Masa Depan yang Gelap

Tepat pada 9 Mei 2018, SK Lierse mengumumkan pernyataan yang menjadi titik balik eksistensi mereka di kancah sepakbola Belgia. De Pallieters resmi menyatakan mereka telah mengalami kebangkrutan akibat dari kegagalan mendapatkan investor baru untuk musim depan.

Sinyal terancamnya eksistensi tim yang menggunakan warna hitam-kuning ini sudah berhembus setelah Wadi Degla (klub asal Mesir) tidak bisa memastikan diri akan menginvestasikan uang mereka lagi di musim depan bagi SK Lierse. Padahal, pihak SK Lierse sendiri melalui website resmi mereka sempat mengumumkan adanya kesepakatan investasi untuk musim depan. Mayoritas sumber finansial SK Lierse sendiri didapat dari Wadi Degla, yang dipimpin oleh Maged Samy. Maged sendiri juga memiliki saham untuk klub Belgia lain, KV Turnhout.

Kemudian pada 11 April 2018, SK Lierse mengumumkan bahwa lisensi klub mereka untuk musim depan gagal didapat akibat dari belum resminya persetujuan investasi antara Wadi Degla dengan SK Lierse. Berselang dua minggu, David Nakhid, eks gelandang timnas Trinidad & Tobago, telah mencapai kesepakatan untuk mengakusisi SK Lierse dari Maged Samy.

SK Lierse mengalami masalah finansial yang mengancam kelanjutan klub.

Pengumuman tersebut dipublikasi pihak SK Lierse sendiri melalui laman resmi mereka. Namun negosiasi di dalam ruangan ternyata berlangsung rumit dan mengalami kegagalan. Melalui pengacara klub, David Ryckaert mengatakan Waktu sudah habis, kita sudah bernegosiasi beberapa minggu ini, David Nakhid sudah memiliki kontrak dengan klub, namun ia tidak bisa memenuhi kewajiban keuangan klub. Nakhib tidak bisa memenuhi kesepakatan tersebut sehingga klub kehilangan lisensinya, dalam waktu dekat klub akan mengumumkan kebangkrutan” ujarnya kepada Sporza.

Rabu lalu menjadi titik balik klub ini sekaligus untuk menjaga profesionalitas. Pihak SK Lierse akan membayar seluruh hak pemain, staf dan segala perangkat internal dalam klub. SK Lierse sendiri masih harus berlaga dalam play off 2 Liga Europa dan akan menghadapi Waasland Beveren pada hari ini dan SV Zulte-Waregem pada 18 Mei 2018.

Namun, pihak Waasland Beveren mengkofirmasi bahwa KBVB telah memberhentikan laga hari ini dan otomatis mantan klub Arthur Irawan ini mendapat 3 poin secara cuma-cuma. Sementara itu, KBVB belum mengeluarkan pernyataan terkait pertandingan SK Lierse melawan SV Zulte-Waregem minggu depan. Namun bisa diprediksi pertandingan ini juga akan berakhir 3 poin gratis untuk Zulte-Waregem.

About Medio Club

Medianya para penikmat sepakbola. Satu passion, satu sepakbola, satu Medio Club!

View all posts by Medio Club →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *