Final FA Cup 2016/17: Derby London dengan Dua Tim dengan Keadaan yang Bertolak Belakang

Published On 27/05/2017 | By John | Luar Lapangan

Chelsea dan Arsenal akan bertemu di Wembley Stadium dalam pertandingan babak final FA Cup 2016/17 pada Sabtu (27/5) pukul 23.30 WIB. Chelsea yang mengincar gelar domestik kedua mereka musim ini menghadapi Arsenal yang berusaha mencari peluang untuk tersenyum setelah mengakhiri kompetisi Premier League pada peringkat ke-5.

The Blues di bawah pimpinan Antonio Conte mampu tampil konsisten di Premier League dan pada akhirnya keluar sebagai juara. Performa yang ditunjukkan oleh Chelsea setelah menggunakan formasi 3-4-3 menyebabkan berbagai tim mengalami kesulitan untuk menghentikan mereka, termasuk Arsenal, ketika mereka mendapatkan kekalahan 1-3 di Stamford Bridge pada paruh kedua musim.

Chelsea mengincar titel kedua untuk musm 2016/17 (IAN KINGTON/AFP/Getty Images)

Tim London Barat ini mampu mencapai babak final setelah menyingkirkan Peterborough United, Brentford, Wolverhampton Wanderers, Manchester United, dan terakhir Tottenham Hotspur pada babak semifinal dengan kemenangan 4-2 di Wembley.

Terkait persiapan untuk menghadapi pertandingan mereka musim ini, The Pensioners juga berada dalam tingkat percaya diri yang tinggi setelah hanya merasakan tiga kekalahan dari 24 pertandingan yang mereka jalani pada 2017.

Chelsea akan tetap mempertahankan formasi 3-4-3, dengan keadaan keseluruhan skuat yang bugar. Antonio Conte akan menurunkan susunan pemain terbaiknya pada pertandingan ini, untuk menjadi menjadi manajer asal Italia kedua setelah Carlo Ancelotti yang mendapatkan titel Premier League dan FA Cup dalam musim pertamanya di Stamford Bridge.

Adu fisik Diego Costa dan lini pertahanan The Gunners akan menarik untuk disakskan (Clive Rose/Getty Images)

Keadaan ini berbeda jauh dengan Arsenal, yang berada dalam situasi yang sulit pasca mengakhiri kompetisi Premier League di luar posisi empat besar, tepatnya pada peringkat lima, yang membuat mereka harus mengikuti ajang Europa League pada musim 2017/18.

Arsene Wenger sebagai manajer The Gunners juga tetap mendapat sorotan terkait masa depannya di Emirates Stadium, mengingat kontraknya akan habis pada akhir musim 2016/17, dan sampai saat ini belum ada keputusan dari dirinya maupun pihak klub terkait perpanjangan atau perpisahan setelah menjalani pertandingan ini.

Arsenal berhasil mencapai babak final setelah menyingkirkan Preston North End, Sutton United, Lincoln, dan Manchester City dalam babak semifinal yang berakhir dengan kemenangan 2-1 setelah melalui babak perpanjangan waktu.

Beban berat di pikiran Arsene Wenger jelang pertandingan (JUSTIN TALLIS/AFP/Getty Images)

Selain berada dalam keadaan rasa percaya diri yang rendah setelah gagal masuk ke posisi empat besar Premier League, tim London Utara ini juga datang ke Wembley dengan mengalami krisis di lini belakang. Gabriel Paulista dan Shkodran Mustafi diperkirakan akan absen akibat mengalami cedera, sementara Laurent Koscielny mendapat larangan bermain dari kartu merah yang ia peroleh dalam laga terakhir kontra Everton.

Melihat dari keadaan di atas kertas, Chelsea memang pantas disebut sebagai tim unggulan untuk meraih kemenangan dan titel pada pertandingan ini, namun, pertandingan final sering kali sulit diprediksi (walau pernyataan ini dapat dianggap seperti sebuah klise).

Dari segi taktik, formasi 3-4-3 yang digunakan oleh kedua tim akan menghasilkan pertarungan yang menarik untuk disaksikan pada sisi sayap dan tengah lapangan, mengingat dua penyerang yang dimiliki masing-masing tim, yaitu Diego Costa di Chelsea, dan Olivier Giroud di Arsenal, membutuhkan suplai bola dari dua sektor tersebut agar dapat mengancam lini pertahanan lawan mereka.


About me: Dananjaya Wija Putera (twitter: @wpdnn) mengikuti perkembangan Premier League, La Liga, dan Bundesliga. Sering mengisi waktu luang dengan menonton pertandingan sepak bola, anime, serta berbagai hal yang berkaitan dengan musik dan idol Jepang.

Like this Article? Share it!

About The Author

Kumpulan Para Penikmat Sepak Bola Tanpa Batas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *