CF Reus: Kisah unik penyatuan sepakbola dan musik

Published On 17/01/2017 | By John | Luar Lapangan

Apa yang anda bayangkan jika sepakbola dikaitkan dengan musik? Saya akan menduga bahwa yang muncul pertama kali di pikiran anda adalah band/penyanyi yang punya kesukaan kepada klub bola tertentu seperti Noel Gallagher dengan Manchester City ataupun yang cukup ramai di akhir musim 15/16 adalah Kasabian dengan Leicester City.

Bentuk lain yang muncul adalah lagu-lagu yang kemudian menjadi anthem bagi klub tertentu seperti “You’ll Never Walk Alone” yang identik dengan Liverpool. Bisa juga kemudian lagu yang memiliki lirik serta nada unik digunakan oleh suporter untuk membuat chant yang tentunya digubah ulang. Ambil contoh yaitu “Delilah” dari Tom Jones yang digunakan oleh pendukung Stoke City serta Tim Nasional Wales untuk menertawakan nasib sial mereka.

Musim 2016/2017 ini, hubungan musik dan sepakbola dibawa ke dimensi baru yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh suatu klub. Klub yang menjadi dalangnya datang dari wilayah otonomi Catalonia, namun saya tidak akan berbicara tentang FC Barcelona. Mereka yang saya maksud adalah CF Reus Deportiu yang saat ini bermain di Divisi Segunda.

CF Reus dapat dikatakan mengukir sejarah mereka sendiri dimana untuk pertama kalinya promosi ke kasta kedua liga sepakbola di Spanyol musim ini. Namun, mereka tentunya tidak ingin hanya numpang lewat saja dan membutuhkan dukungan yang utamanya datang dari suporter. Permasalahan kemudian muncul karena untuk menarik suporter, setidaknya untuk datang ke Estadi Municipal dan menonton mereka bermain, hal ini menjadi kesulitan besar sejak lama.

Rataan penonton di musim 15/16 yang datang ke stadion hanyalah 1761 penonton dari total kapasitas 4847 kursi. Walaupun dimaklumi mereka saat itu bermain di divisi tiga, namun pengurus CF Reus sadar bahwa perlu adanya peningkatan penonton yang tentu akan berdampak positif kepada keuangan mereka yang berada dalam jajaran klub yang beroperasi dengan bujet kecil di Segunda musim 16/17 ini.

Promosi yang gencar di media sosial tentu menjadi cara lumrah untuk coba mendatangkan penonton, namun bentuk seperti apa yang kemudian akan menarik perhatian orang perlu dibuat dan Xavier Guix yang merupakan petugas komunikasi dari CF Reus datang dengan ide brilian. Dia membuat para pemain untuk melakukan sesi foto pra-pertandingan dengan gaya mirip dengan album-album musik terkenal di dunia.

Mulai dari album Nirvana, David Bowie hingga yang menjadi favorit saya yaitu Queen dibuat reka ulang dengan menggunakan pose pemain beserta kata-kata yang mencerminkan CF Reus. Hasilnya popularitas mereka tidak hanya meledak di Catalonia ataupun Spanyol, namun ke seluruh dunia dengan bercermin kepada jumlah retweet yang mencapai ratusan untuk setiap poster yang di-tweet-kan di akun mereka.

Ini juga berdampak lurus kepada jumlah penonton yang rataannya mencapai 3607 penonton hingga pertandingan ke-11 di kandang mereka musim ini. Xavier Guix sendiri mengatakan bahwa idenya didasari dengan identifikasi bahwa sepakbola dan musik memunculkan emosi yang menggairahkan sehingga ia kemudian memutuskan membuat poster-poster ini untuk promosi sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada legenda musik yang ada.

Para pemain yang dilibatkan dalam sesi foto pada awalnya tidak menangkap ide Guix, namun perlahan-lahan mereka mampu memahaminya dan dengan senang hati melakukan hal tersebut karena dirasa lucu dan mendongkrak popularitas mereka. Performa mereka di lapangan juga berbanding lurus jika melihat hingga jornada ke-21 ini CF Reus berada di peringkat 9, walaupun kemudian korelasi daripada pembuatan poster dan performa di lapangan perlu dikaji lebih mendalam lagi menurut saya.

Bagi anda yang telah membaca tulisan ini hingga akhir serta melihat galeri foto poster dan merasa belum terpuaskan, tidak perlu berlama-lama untuk langsung mem-follow akun twitter CF Reus Deportiu yang sudah centang biru di @cfreusdeportiu untuk menikmati karya lainnya. Perlu menjadi catatan tersendiri bahwa kreasi poster baru mereka muncul jika ada pertandingan kandang sehingga anda perlu bersabar menunggu jika penasaran.

Akhir kata, selain berharap klub ini dapat membuat kejutan dengan permainan sepakbola mereka, saya rasa anda juga berharap grup band/penyanyi kesukaan anda hadir di poster pertandingan CF Reus selanjutnya jika belum ada untuk melihat seberapa menarik atau lucu reka ulang dari para pemain.


About me: Willibrordus Bintang (twitter: @obinhartono1). Mahasiswa sekaligus Penikmat sepakbola Football League dan Conference. Dapat ditemukan sedang streaming di warkop terdekat.

Like this Article? Share it!

About The Author

Kumpulan Para Penikmat Sepak Bola Tanpa Batas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *